Senin, 27 Maret 2017

Mengenali Potensi Diri






Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang Mengenali Potensi Diri.  Pada dasarnya setiap manusia itu memiliki kemampuan yang berbeda - beda, karena kemampuan manusia itu adalah suatu Karunia yang Tuhan berikan. Tetapi masih banyak yang belum menyadari akan potensi dirinya sendiri. Karena potensi diri sangat berperan penting dalam kehidupan seseorang, karena untuk mengetahui apa sih potensi yang kita miliki itu tidaklah mudah. Kita harus mengenali terlebih dahulu bagaimana  diri kita dan apa yang kita sukai. Karena Potensi diri sangatlah penting, bukan hanya untuk lebih mengenal diri sendiri tetapi dapat juga untuk menunjang kesuksesan seseorang melalui karir yang akan di gelutinya nanti.
Untuk itu ada beberapa cara untuk dapat mengetahui potensi apa yang ada di dalam diri kita :

1. Mempunyai Mimpi atau Cita-cita

Kita semua sebagai manusia pasti memiliki bayak sekali impian atau keinginan yang ingin diwujudkan di masa depan . Terkadang potensi diri dapat berasal dari sebuah impian. Potensi ini tercipta pada alam bawah sadar Anda yang berusaha untuk mewujudkan impian tersebut. Dengan menyadari impian akan membuat Anda mengetahui potensi dalam diri Anda sendiri.

 2. Mengetahui Hal apa yang disukai

 Apakah ada hal yang Anda sukai? Setiap orang pasti memiliki beberapa hal yang mereka suka dan pasti orang tersebut akan melakukan segala hal untuk melakukan apa yang disukainya. Meskipun hal tersebut terjadi dalam keadaan yang sempit dan tidak memungkinkan. Biasanya di dalam hal-hal yang Anda suka inilah terdapat potensi diri yang luar biasa Anda miliki.

 3. Mengetahui Kemampuan Diri Sendiri

Setiap orang memiliki apa yang menjadi kemahirannya, hal tersebut biasanya adalah suatu kepandaian mereka. Jika Anda mengetahui kepandaian diri sendiri, hal tersebut bisa digunakan sebagai cara menemukan potensi diri sendiri.

 4. Mengetahui hal yang membuat anda nyaman

 Pasti ada suatu hal yang terbiasa Anda lakukan tanpa bosan. Anda merasa nyaman dan mampu untuk melakukannya selama mungkin. Ketika Anda mengerjakannya begitu mengasyikan dan seperti tanpa beban dalam mengerjakannnya. Hal tersebut jika Anda dalami bisa saja menjadi potensi diri yang Anda cari.

 5. Mengetahui hal yang paling cepat anda pelajari

Ada orang yang susah dalam melakukan sesuatu meskipun ia sudah berusaha secara sungguh-sungguh. Ada juga pula orang yang mampu melakukan sesuatu walaupun hanya mencobanya sedikit saja. Jika Anda termasuk dalam dalam golongan kedua berarti bidang tersebut merupakan potensi diri Anda sendiri.

6. Mengelompokan aktivitas anda 

Seleksilah aktifitas yang sesuai potensi dan kembangkanlah agar menjadi lebih baik. Metode pengelompokan aktivitas sangat efektif sebagai cara melihat potensi diri sendiri. Bila perlu anda bisa meminta saran kepada keluarga ataupun orang lain.
 Setelah kita dapat menggali potensi diri sendiri, jangan mudah puas  untuk untuk setiap yang kita lakukan, dan kembangkanlah potensi yang kita miliki. Mengembangkan potensi diri itu sangatlah penting, untuk itu ada bebarapa tips untuk mengembangkan potensi diri yaitu :

1. Kuatkan tekat dan niat
2. Berfikir positif dalam segala hal
3. Memiliki Komitmen
4. Konsisten untuk apa saja yang kita lakukan
5. Menerima saran dari orang lain
6. Dan yang terakhir, jangan lupa berdoa

KODE REFERRAL AyoCPNS 2023 POTONGAN UP TO 50K :

Sebentar lagi kan CPNS akan dibuka nih, buat kalian yang ingin ikutan bimbel dan bisa dapetin diskon 50K bisa banget nihhh. Nah disiniakan m...