Kamis, 01 Juni 2017

CARA MENGHARGAI WAKTU

Pada kesempatan kali ini saya mau sedikit berbagi pengetahuan tentang "Menghargai Waktu"

Waktu adalah sesuatu yang terus berjalan, selalu menuju masa depan dan meninggalkan masa lalu.
Bahkan pada saat semua makhluk hidup berhenti melakukan aktivitas apapun waktu akan tetap berjalan sebagaimana mestinya,tidak semakin cepat ataupun semakin lambat. Waktu adalah guru terbaik bagi setiap pembelajaran. Banyak orang yang mengatakan bahwa "Time is Money"(waktu adalah uang). Hal ini menunjukkan betapa mereka menghargai betul dan benar-benar memanfaatkan waktu walupun hanya satu detik. Karena bagi mereka menyia-nyiakan waktu sama saja menyia-nyiakan uang.
Setiap orang mempunyai waktu yang sama dalam setiap harinya, yaitu 24 jam, jadi tidak ada istilah kurang waktu. Hanya orang malas lah yang mengatakan tidak ada waktu.

Kenyataan yang sering terjadi di kehidupan kita adalah lestarinya budaya jam karet atau sering disebut dengan ngaret.
Jam karet adalah waktu yang elastis/mulur/molor seperti karet. Dalam artian bahwa waktu akan menjadi mundur dari yang sudah ditentukan.
Berdasarkan dengan pengalaman yang sering saya alami adalah saya selalu menunda - nunda waktu tidur saya, akibatnya saya sering sekali terlambat ke kampus.
dikarenkan jam tidur saya berkurang dan ketika saya bangun saya sudah kesiangan dan menyebabkan saya terlambat ke kampus dan saya ketinggalan mata kuliah yang penting.
karena hal tersebut, maka aktivitas ataupun pekerjan yang seharusnya selesai akan molor dan tentunya ini sangat merugikan.

Budaya-budaya itu semua tidak boleh dibiarkan agar anak cucu kita tidak meniru hal buruk ini. Jangan sampai sikap seperti ini dijadikan sebuah kepercayaan bagi mereka untuk mebudayakan terlambat, jam karet, dan tidak menghargai waktu. Sudah saatnya kita untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah berniat di dalam hati dan sadar bahwa sikap menghargai waktu merupakan wajib dan harus kita semua lakukan mengingat begitu pentingnya waktu bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Negara akan lebih maju jika warga negaranya lebih menghargai waktu, begitupun sebaliknya.
Selain itu kita juga harus tahu bahwa banyak manfaat apabila kita disiplin dan menghargai waktu, antara lain sebagai berikut:

1.Disiplin dalam mengerjakan sesuatu dengan tepat waktu (tidak mengulur- ulur waktu).
Jika suatu pekerjaan selesai tepat waktu, otomatis waktu selanjutnya dapat digunakan untuk mengerjakan yang lain, dengan adanya pola seperti ini maka hidup kita menjadi lebih efektif dan efisien

2. Biasakan diri selalu On time atau tidak ngaret
jika kita membiasakan diri untuk selalu on time atau tidak terlambat maka kita tidak akan menyusahkan orang lain. kenapa demikian?
contoh jika dikampus ada presentasi pagi dan mengharuskan kita yang mempresentasikan bahan presentasi tersebut, jika terlambat maka orang lain yang akan mengambil alih tugas kita tersebut. itu sama saja kita menyusahkan orang lain

3. Terapkan selalu "Time is Money"
Ketika seseorang hanya menggunakan waktunya untuk hal yang tidak bermanfaat akan mengakibatkan kehidupan yang tidak baik untuk masa depan. Karena kalau selalu dibiasakan seperti itu maka yang terjadi adalah semakin banyak pengangguran kita juga harus mengingat bahwa sekarang pengangguran terjadi dimana-mana. Semua itu terjadi karena salah menempatkan waktu, kita terbiasa santa tanpa berfikir panjang “dari mana membiayai hidup”. Apabila waktu kita digunakan seperti kita tidak akan pernah menjadi orang yang mandiri.

Dengan selalu menghargai waktu, diharapkan kita semua dapat membiasakan diri bersikap tepat waktu, dan menjadikan sebuah budaya baru yang dapat diturunkan kepada generasi-generasi penerus bangsa.

KODE REFERRAL AyoCPNS 2023 POTONGAN UP TO 50K :

Sebentar lagi kan CPNS akan dibuka nih, buat kalian yang ingin ikutan bimbel dan bisa dapetin diskon 50K bisa banget nihhh. Nah disiniakan m...