Pada
kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai apa yang harus dilakukan dan
bagaimana situasi di tempat kerja yg menumpuk dan membosankan????
Pekerjaan
merupakan sebuah tanggung jawab yang harus di tepati dan di patuhi, dan setiap
pekerjaan mempunyai deadline untuk mencapai sebuah target. Disaat sedang
bekerja ada banyak sekali tekanan dan banyaknya tugas yang harus dikerjakan
seringkali bisa membuat seseorang dilanda stress. Meski seringkali hal ini suka diabaikan, bukan berarti
Anda tidak harus melakukan apa-apa untuk menghadapinya. Akan terasa berat
mengerjakan suatu pekerjaan yang menumpuk, walaupun sudah dikerjakan setiap
hari masih saja menumpuk. Mungkin anda tidak tahu mana yang harus dikerjakan
terlebih dahulu. Dan pasti nya kita akan lebih cepat bosan dengan aktivitas
tersebut. Sebuah pekerjaan akan terus menumpuk apabila kita selalu menunda
pekerjaan tersebut, seringnya kita sering menunda pekerjaan membuat kita
semakin lama semakin malas untuk mengerjakan nya.
Melalui
pengalaman saya sewaktu saya menjadi mahasiswi semester 6 di salah satu
universitas yang mengharuskan saya harus melalui yang namanya Penulisan Ilmiah.
Penulisan Ilmiah adalah salah satu syarat untuk lulus. Pada waktu itu saya
sangat merasakan yang namanya saya harus berhadapan harus deadline setiap
minggu nya diantaranya saya harus mengajar, mengejerkalan tugas, laporan akhir
dan juga mengerjakan penulisan ilmiah saya. Pada saatu itu saya suka mengulur –
ulur waktu sehingga setiap minggu saya merasa kewalahan dengan tugas yang
setiap hari selalu ada. Dan akhirnya saya membuat jadwal untuk pekerjaan maana
yang harus saya prioritaskan terlebih dahulu yaitu penulisan ilmiah saya,
tetapi dengan adanya aktivitas tersebut setiap hari membuat saya merasa bosan,
mudah marah hingga stress. Stress yang berkepanjangan bisa berakibat pada produktivitas
dan kemampuan kerja seseorang yang menurun, bisa membuat jantung
berdebar-debar, sulit untuk tidur, mudah lelah dan yang lebih utama adalah
meningkatnya asam lambung. Hal ini bisa kembali dipulihkan dengan berlibur atau
hanya rehat sejenak dari dunia pekerjaan dengan mengambil cuti.
Berikut
ini ada beberapa tips untuk menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk dan
membosankan :
1. Jadwal
dan Prioritas
Sering
kali kita mengabaikan untuk menjadwalkan dan memprioritaskan tugas atau
pekerjaan kita, justru dengan ada nya jadwal dan prioritas tersebut membuat
kita lebih mudah untuk menargetkan deadline tugas atau pekerjaan kita sehingga
pekerjaan tersebut tidak menumpuk
2. Konsentrasi
Ketika
Anda mulai melakukan latihan pernapasan, maka otomatis akan membuat pikiran
rileks secara bertahap. Biasanya stres terjadi bukan karena apa yang kita
lakukan saat ini, tapi khawatir akan dampak dari apa yaang kita lakukan.Misalnya
khawatir tentang pekerjaan dan hubungan dengan pimpinan jika melakukan ini atau
melakukan itu, untuk mengurangi stres ini, berhentilah untuk berpikir yang
macam-macam. Konsentrasi saja dengan pekerjaan saat ini.
3. Dengarkan Musik
Mendengarkan musik bisa menjadi cara
untuk membuat Anda tetap fokus. Pilihlah jenis musik yang bisa membuat semangat
Anda kembali bertambah.
4.
Usahakan untuk tetap rileks
Meskipun Anda benar-benar sibuk, saat jam
istirahat, gunakan waktu sebaik-baiknya untuk bersantai. Bila mungkin, gunakan
waktu istirahat Anda untuk tidur minimal 15 menit. Hal ini dapat membuat tubuh
dan pikiran Anda lebih segar.